Monday, March 14, 2016

Mengenal Lebih Dekat: Garou si Pemburu Hero

OnePunch-Man kerap kali memunculkan karakter-karakter penjahat yang terkesan asal buat, yang-penting-jadi, tanpa pendalaman karakter sama sekali. Sebut saja monster kepiting, manusia biasa yang berubah menjadi monster gara-gara terlalu sering mengonsumsi kepiting; atau monster mobil, manusia biasa yang berubah menjadi monster gara-gara terlalu sering main mobil-mobilan. Pokoknya asal jadi. Tapi jangan salah, ada juga tokoh penjahat yang penggambaran karakternya benar-benar matang. Salah satunya adalah Garou.

Garou, seorang Pria yang Menentang Hero

Garou kecil sangat berbeda dengan anak-anak seusianya. Ketika yang lain menonton serial Super Hero dan menjadikan mereka sebagai idola, sama seperti kita dulu waktu menonton Power Rangers dan berharap bisa jadi sehebat dan sekeren mereka, Garou justru mendukung sang penjahat, mendukung monster. Baginya semua ini tidak adil. Kenapa monster selalu kalah oleh Hero?

Garou si Monster - OnePunch-Man
Garou kecil selalu menantikannya, saat ketika monster bisa mengalahkan Hero. Tapi saat itu tak kunjung tiba. Pada akhirnya penjahat selalu bisa dikalahkan. Kebaikan selalu menang melawan kejahatan. Satu hal yang tak pernah bisa diterima oleh anak itu.

Sebuah idealisme yang terus berkembang hingga ia tumbuh dewasa.

Garou muda berlatih keras di sebuah dojo yang dimiliki oleh Bang, Hero Kelas S yang lebih dikenal dengan nama Silver Fang. Sebuah teknik yang halus namun mengerikan, Tinju Aliran Air Pemecah Batu. Bisa menguasai tak lantas membuat Garou puas. Kekuatan yang ia peroleh membuatnya semakin haus. Akhirnya tanpa memandang kawan ataupun lawan, Garou menghajar teman-teman seperguruannya sendiri.

Dialah yang terkuat di kelasnya. Satu-satunya yang bisa menghentikannya hanyalah Bang, gurunya sendiri. Dengan terpaksa, Bang menghajar Garou dan mencoret namanya dari daftar nama anak asuhnya.

Diusirnya Garou tak lantas membuat murid-murid Bang merasa aman. Pada akhirnya, mereka semua malah mengundurkan diri karena takut kalau-kalau pria ganas itu akan kembali dan menyakiti mereka lagi. Dojo Bang kehabisan murid, dan Garou masih bebas berkeliaran di luar sana.

Garou si Monster - OnePunch-Man
Garou sempat kalah dari Bang, namun kekuatannya terus mengalami peningkatan. Satu per satu dojo ilmu bela diri ia habisi seorang diri. Puncaknya, ketika Asosiasi mengundang para penjahat dunia bawah untuk bekerja sama, nama Garou benar-benar mencuat.

Sebelumnya, Garou hanyalah satu di antara ribuan penjahat yang dikumpulkan oleh Asosiasi. Shicchi, pejabat yang waktu itu mengumpulkan mereka tak pernah menyangka kalau salah satu penjahat yang diundangnya akan menjadi ancaman yang begitu serius.

Sejak awal Garou tak pernah berniat untuk bekerja sama. Satu-satunya alasan ia datang ke pertemuan itu hanyalah untuk menguji sejauh mana kekuatannya. Tak perlu waktu lama, semua penjahat yang ada di tempat itu berhasil ia kalahkan seorang diri. Dan tak hanya itu, tiga Hero Kelas A juga tak luput dari kekuatannya. Magic Trick Man, Blue Fire, Heavy Tank Fundoshi, mereka bertiga dibuat tak berdaya di hadapan tinju Garou.

Cita-cita sejak kecilnya perlahan mulai terwujud, akhirnya monster bisa mengalahkankan Hero. Tapi ini barulah awal, jalan yang harus ia tempuh masih panjang untuk benar-benar bisa mewujudkan cita-citanya secara penuh. Berawal dari sini, Perburuan Hero Dimulai.

Garou si Pemburu Hero